PDE — Sabtu, 12 Desember 2015

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN

1. KEDUDUKAN DAN LATAR BELAKANG

Sejak terbentuknya Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2004  Dinas Kelautan dan Perikanan masih bergabung dengan Dinas Pertanian. Dinas Kelautan dan Perikanan  memisahkan diri dari dinas pertanian pada bulan April Tahun 2007. Sektor Perikanan merupakan salah satu pilar ekonomi rakyat di Kabupaten Kolaka Utara. Sektor ini telah lamah diupayakan oleh masyarakat, namun masih kurangya pemanfaatan system teknologi, bahkan sebahagian besar dari potensi yang ada belum dapat termanfaatkan sehingga produksi yang dicapai apabila dibandingkan dengan potensi yang ada masih jauh dari titik normal.

Kegiatan Perikanan meliputi bidang pengkapan, bidang budidaya perairan, bidang pengolahan dan pemasaran hasil Perikanan. Bidang kelautan dan perikanan sangatlah potensial dalam pengembangan Pembangunan Kabupaten Kolaka Utara karena memiliki areal perairan laut yang cukup luas, dan hamper seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara ini merupakan daerah perikanan, 

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI DAN  

KEBIJAKSANAAN

 

A.    Visi

Berdasarkan kondisi eksternal dan internal serta sesuai dengan Visi  yang diusung Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara  yaitu ” Semua Untuk Rakyat “  untuk mewujudkan  Visi tersebut maka ditetapkan Misi yaitu,

1.      Meningkatkan Kemakmuran dan kualitas Hidup Rakyat secara merata

2.      Menigkatkan Daya Dukung Infrastruktur Wilayah dan Prasarana Pelayanan Dasar.

3.      Meningkatkan Kualitas Pelayanan masyarakat melalui reformasi Birokrasi.

4.      Meningkatkan Peran dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

5.      Menciptakan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban masyarakat.

6.      Meningkatkan Kualitas dan Penataan Lingkungan Hidup.

Untuk  Mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, sesuai dengan tugas dan funsinya  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka Utara menetapkan Visi  yaitu :

 “ Terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mandiri dalam pemanfaatan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan, pembudidaya, masyarakat pesisir, kelembagaan, usaha pengolahan dan Mutu pemasaranproduksi perikanan”.  

 

B.     Misi

Misi yang diembang Dinas Kelautan dan Perikanan dalam rangka mewujudkan visi Dinas Kelautan dan Perikanan dan Misi Pemrintah Kabupaten Kolaka Utara adalah sebagai berikut.

1.      Peningkatan pelayanan administrasi bidang kelautan dan perikanan. (Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Melalui Reformasi Birokrasi).

 

2.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara profesionalisme  Nelayan, Pembudidaya ikan, Usaha pengolahan dan pemasaran hasil produksi kelautan dan perikanan.(Meningkatkan Kemakmuran dan Kualitas Hidup Rakyat secara Merata)

3.      Peningkatan sarana dan prasarana perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan dan pemasaran hasil produksi perikanan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.(Meningkatkan daya dukung  Infrastruktur Wilayah dan Prasarana Pelayanan Dasar/ Meningkatkan Kemakmuran dan Kualitas Hidup Rakyat secara Merata)

4.      Peningkatan produksi perikanan budidaya, perikanan tangkap dan produksi hasil olahan perikanan.  (Meningkatkan Kemakmuran dan Kualitas Hidup Rakyat secara Merata)

5.      Peningkatan pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ramah lingkungan.(Meningkatkan Daya Dukung Infrastruktur Wilayah dan Prasarana Pelayanan Dasar)

6.      Optimalisasi pengawasan dan Pengendalian dalam pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan. (Meningkatkan Kualitas dan Penataan Lingkungan Hidup/Menciptakan Stabilitas keamanan dan ketertiban Masyarakat)

7.    Peningkatan Perangserta Masyarakat dalam Kegiatan Budaya Wawasan Nusantara,

 

C.    Tujuan, sasarandan Indikator yang ingin dicapai dari masing-masing misi adalah sebagai berikut :

 

1.    Misi          :    Peningkatan pelayanan administrasi bidang kelautan dan perikanan.  

Tujuan      :    Meningkatkan pelayanan publik.

Sasaran    :    Aparatur Struktural dan Fungsional/Penyuluh Perikanan

Indikator  :    - Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

-   Program Penigkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

-   Program Peningkatan Disiplin Aparatur

-   Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

-   Peningkatan Pengembangan Sistem Sistem Capaian Kinerja dan keuangan

2.      Misi          :    Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara profesional Nelayan, Pembudidaya ikan, Usaha pengolahan dan pemasaran hasil produksi kelautan dan perikanan.

      Tujuan      :    Meningkatkan kemampuan/Ketrampilan  para pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan dalam Pemanfaatan sumber daya dan Teknologi yang  berdaya saing dan mampu meningkatkan pendapantannya.

Sasaran    :    para pelaku usaha Penangkapan (nelayan), Pembudidaya, Usaha Pengolahan dan Pemasaran Produksi Hasil Perikanan

Indikator :    -  Program/Kegiatan Pendampingan kelompok nelayan, Kelompok Pembudidaya, Kelompok Pokmaswas, Kelompok Pelaku usaha pengolahan dan pemasaran  berupa pelatihan dan penyuluhan.

3.    Misi          :    Peningkatan sarana dan prasarana perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan dan pemasaran hasil produksi perikanan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.

Tujuan      :    Menigkatkan Daya Dukung Infrastruktur dan Pelayanan Dasar dalam Penyediaan Prasarana dan  sarana untuk Perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan dan pemasaran hasil produksi perikanan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir .

Sasaran    :    Aparatur, Kelompok  Nelayan Penangkap Ikan, Kelompok Pembudidaya, Kelompok Usaha Pengolahan dan Pemasaran Produksi, Kelompok Pokmaswas serta Masyarakat Wilayah Pesisir.

Indikator  :    -  Program/Kegiatan Penyediaan Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap, Pengembangan Budidaya Perikanan, Pemanfaatan Potensi Budidaya Laut Air Payau dan Air Tawar, Pengolahan dan Pemasaran, Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Pengawasan SDKP, Penyuluh Perikanan dan Statistik Perikanan.

-    Program Peningkatan Mitigasi Bencana Alam Laut dan Prakiraan Iklim Laut. 

4.    Misi          :    Peningkatan produksi perikanan budidaya, perikanan tangkap dan produksi hasil olahan perikanan.

Tujuan      :    Peningkatan Kemakmuran/kesejahteraan/Ekonomi Masyarakat Nelayan, Pembudidaya, Pengolahan dan Pemasaran serta dapat memenuhi Kebutuhan Konsumsi masyarakat bahkan untuk Expor.

Sasaran    :    Kelompok Nelayan, Kelompok Pembudidaya. Kelompok Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Produksi

Indikator  :    - Program Pengembangan Perikanan Tangkap

-   Program Pengembangan Kawasan Budidaya Laut, Air Payau dan Air Tawar.

-   Program Pengembangan Budidaya Perikanan

-   Program Optimalisasi Pengelolaan dan pemasaran hasil Produksi Perikanan.

5.    Misi          :    Peningkatan pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ramah lingkungan.

Tujuan      :    Pemanfaatan potensi Kawasan Budidaya, Area Tankapan, (Fishing Ground) , Produk  Olahan dan  Mutu Pemasaran Produksi  Sumberdaya kelautan dan perikanan yang ramah lingkungan.

Sasaran    :    Petani Budidaya, Nelayan dan Usaha Olahan dan Pemasaran Produksi.

Indikator  :    - Program Pengembangan Perikanan Tangkap

-   Program Pengembangan Kawasan Budidaya Laut, Air Payau dan Air Tawar.

-   Program Pengembangan Budidaya Perikanan.

-   Program Optimalisasi Pengelolaan dan pemasaran hasil Produksi Perikanan.

6.    Misi          :    Optimalisasi  pengawasan dan Pengendalian pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan      

Tujuan      :    Peningkatan Pengawasan dan pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan seperti  Illegal Fishing, cara dan bahan yang digunakan dalam budidaya, penggunaan bahan pengawet dan mutu pemasaran hasil Produksi..

Sasaran    :    Nelayan Penanagkap ikan, Pembudidaya, Usaha Pengolahan, Pemasaran Hasil serta Masyarakat Pesisir.

Indikator  :    - Program Peningkatan Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.

-       Kegiatan Pengembangan Kawasan Konservasi Perairan.

7.    Misi          :    Peningkatana Perang serta Masyarakat dalam Peningktan Kegiatan Budaya Wawasan Nusantara.

     Tujuan      :    Memperingati Hari Nusantara Setiap Tahun

     Sasaran    :    Aparatur dan Masyarakat Kabupaten Kolaka Utara

     Indikator  :    Program Peningkatan Kegiatan Budaya Kelautan dan Wawasan Maritim Kepada Masyarakat.

 

D.    Strategi

Strategi yang dikembangkan dalam upaya pencapaian visi dan misi, yaitu pelaksanaan pembangunan yang didasarkan pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya (manusia, alam, dan buatan), teknologi, dan modal dengan mengembangkan komoditas unggulan dalam kawasan dan kesisteman agribisnis serta dengan memperhatikan pengembangan Kelautan dan Perikanan  berdasarkan wilayah dominan usaha perikanan,kearifan lokal dan kondisi lokal ekonomi setempat dalam kerangka strategi pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kolaka Utara.

Strategi pelaksanaan pembangunan lima tahun kedepan yang akan digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara adalah Semua Untuk Rakyat “. Dalam perwujudan visi pemerintah tersebut maka Dinas Kelautan dan Perikanan  akan  menempuh jalan melalui Pembangunan sistem ekonomi pedesaan berbasis perikanan melalui pengembangan industri skala Rumah Tangga Perikanan di tingkat pelaku utama, kelompok dan asosiasi pelaku utama kegiatan perikanan ( nelayan, pembudidaya dan pengolahan ikan ).      

E.    Kebijakan

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara pada Dinas Kelautan dan Perikanan terdiri dari :

1.       Pengembangan Sistem Administrasi Umum Pemerintah.

2.      Peningkatan Sarana dan Prasarana sumberdaya yang berkelanjutan dan tepat sasaran.

3.      Peningkatan Hasil Produksi Kelautan dan Perikanan, dalam kegiatan Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya dan Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Produksi.

4.      Peningkatan Pemanfaatan Potensi  Kelautan dan Perikanan melaui pembangunan dan pengembangan Wilayah sumberdaya manusia.

5.      Pembangunan Infrastruktur wilayah.

6.      Peningkatan operasional pengawasan dan Pengendalian sumberdaya kelautan dan perikanan.

7.      Penyusunan Rencana Strategis, Rencana Zonasi, Rencana Pengelolaan dan Rencana Aksi Pengelolaan Wilayah Pesesisir dan Pulau-pulau kecil.

8.      Pengembangan Mutu olahan dan pemasaran hasil produksi Perikanan.

9.      Pengembangan Kawasan Konservasi Sumberdaya Perikanan.


photo

VOTING MASYARAKAT

Bagaimana Tanggapan Anda Mengenai Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kab. Kolaka Utara?

photo photo

HARGA EMAS ANTAM

GRAFIK PERTUMBUHAN EKONOMI

DOWNLOAD

Fahmis Pustaka, 2008

Buku Jejak Pemekaran Kabupaten Kolaka Utara

photo

Tim Penulis : Moh.Yahya Mustafa, Masmur Lakahena, Zainuddin Tika, La Alu.
Kata Pengantar : Rusda Mahmud

Download Buku.

DARI MEJA BUPATI

Lasusua, 15 August 2016

PIDATO BUPATI KOLAKA UTARA DALAM RANGKA PENYERAHAN RANCANGAN NOTA KESEPAKATAN MENGENAI RANCANGAN KEBIJAKAN UMUM APBD PERUBAHAN DAN PRIORITAS PLAFON ANGGARAN SEMENTARA APBD PERUBAHAN KABUPATEN KOLAKA UTARA

PIDATO . . .

Selengkapnya.. Indeks Pidato

Top