Admin — Rabu, 04 September 2012

BADAN LINGKUNGAN HIDUP

Secara umum Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara memberikan peluang yang cukup besar bagi segenap jajaran pimpinan dan staf untuk menjalankan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya didalam menyusun Kegiatan Lingkungan dengan baik. Hal ini merupakan indikasi terjadinya kerjasama dengan pimpinan dan staf yang baik dalam organisasi dan semakin besarnya partisipasi masyarakat dalam mendukung kegiatan Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran di daerah yang lebih mengedepankan peran serta masyarakat.

Secara administrasi Struktur Organisasi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara termuat dalam Keputusan Bupati Kolaka Utara Nomor 42 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Daerah Kabupaten Kolaka Utara. Struktur Organisasi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara terdiri dari seorang kepala Badan yang bertanggung jawab langsung kepada Bupati dan mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinir, dan mengarahkan kegiatan dibidang Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran daerah Kabupaten Kolaka Utara serta membina hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan lembaga masyarakat lainnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara membawahi seorang secretariat dan empat kepala Bidang antara lain bidang Tata Lingkungan Pemantauan dan AMDAL, Konservasi dan SDA, Kebersihan dan Pertamanan serta Pemakaman dan Kebakaran.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran kabupaten Kolaka Utara dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Kolaka Utara Nomor 22 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran dan Lembaga Teknis Daerah Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara. Sesuai ketentuan dalam peraturan daerah tersebut maka susunan organisasi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran terdiri dari :

1.    Kepala Badan

2.    Sekretariat, yang terbagi atas :

·         Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian

·         Sub. Bagian keuangan

·         Sub. Bagian Program, Evaluasi & Pelaporan

3.     Bidang Tata Lingkungan Pemantauan dan AMDAL

·         Sub. Bidang

·         Sub Bidang

4.    Bidang Konservasi dan SDA

·         Sub Bidang

·         Sub Bidang

5.    Bidang Kebersihan dan Pertamanan

·         Sub. Bidang

·         Sub. Bidang

6.   Bidang Pemakaman dan Kebakaran.

·         Sub. Bidang

·         Sub. Bidang

Sarana dan Prasarana

Ketersediaan sarana dan prasarana juga merupakan unsur penting dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara  dilengkapi sarana dan prasarana yang diharapkan mampu mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya. Dengan adanya gedung tersendiri yang terdiri dari 2 lantai untuk menampung pelaksanaan tugas disamping itu sarana pendukung program dan kegiatan misalnya computer, note book, printer, dan lain-lain juga sudah cukup memadai meskipun masih terdapat berbagai kekurangan tetapi masih dapat teratasi.

Sebagai SKPD yang selalu aktif berhubungan dengan Lingkungan tugas pokok Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten KolakaUtara juga dilengkapi dengan sarana angkutan roda empat dan roda dua. Dengan keseluruhan sarana dan prasarana yang menjadi aser Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara, diharapkan seluruh tugas pokok dan fungsi dapat berjalan sesuai aturan, berkualitas, cepat dan tepat.

Anggaran

Untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara, sumber pembiayaannya diperoleh dari APBD Kabupaten Kolaka Utara. Jumlah pagu anggaran Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara seiring dengan perkembangan Kabupaten/Kota maka anggaran  Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran relative sedikit dengan dibandingkan tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan jumlah sampah semakin meningkat, tingkat kerusakan lingkungan relative bertambah sementara anime masyarakat untuk pelayanan maksimal juga meningkat.

VISI dan MISI Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara

Langkah penting dalam proses pembangunan yang berkelanjutan dinamis adalah mengembangkan rumusan yang jelas dan ringkas tentang visi dan misi. Berdasarkan kondisi objektif Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara dengan tugas pengelolaan lingkungan hidup. sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Peraturan Bupati Nomor      tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2013-2017, maka visi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara adalah

Terwujudnya Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup, Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran yang Berkualitas, Bermanfaat Berdaya Guna serta Berkelanjutan ”.

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas maka misi Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara adalah :

1.    Meningkatkan peran serta masyarakat secara keseluruhan untuk bersama – sama menjaga perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar tercapai Kota yang Bersih Indah Teduh dan Nyaman.

Merupakan target utama yang harus diwujudkan dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Sumber daya aparatur Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara harus memiliki kualitas maupun kuantitas yang dapat menentukan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup kebersihan pemakaman dan kebakaran. Untuk menghasilkan suatu perencana yang berkualitas maka dibutuhkan aparatur yang memiliki keahlian tinggi, berwawasan luas, inovatif, kreatif, realistis, memiliki integritas tinggi, aspiratif, kompetitif, dan dapat mengesampingkan kepentingan pribadi dan golongan diatas kepentingan umum demi tercapainya suatu rencana.

2.    Meningkatkan kualitas koordinasi pengelolaan lingkungan hidup kebersihan pemakaman dan kebakaran.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara adalah lembaga teknis daerah yang memiliki peranan didaerah untuk mengkoordinir, menyusun, melaksanakan, dan mengawasi Pengelolaan lingkungan hidup pembangunan di daerah. Untuk itu dibutuhkan mekanisme kerjasama kelembagaan baik secara vertical maupun secara horizontal yang kondusif baik secara internal kewilayahan maupun eksternal melalui mekanisme koordinasi yang baik.

Pengelolaan lingkungan hidup yang berkualitas adalah yang memiliki prinsip-prinsip aspiratif, akomodatif, realistis, inovatif, tepat guna, dan tetap sasaran, berdaya manfaat, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan.3.    Penyediaan data dan informasi Pengelolaan lingkungan hidup yang akurat sebagai data dan fakta.

Sebagai investasi dalam dunia maya diera globalisasi menempatkan data dan informasi dan fakta Pengelolaan lingkungan hidup pembangunan sebagai

piranti yang perlu dikaji dan analisis untuk mengambil suatu kebijakan keputusan. Karena itu data dan fakta Pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan daerah harus disusun secara akurat, dan mudah diakses.

Tujuan dan Sasaran Rencana Strategis BLH, Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kab. Kolaka Utara  Tahun 2013-2017

Sebagaimana penjabaran Visi dan Misi tersebut diatas, BLH, Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam kurun waktu tahun 2013-2017.

 Sasaran Tahun 2013-2017

Sasaran Renstra tahun 2013-2017 dituangkan berdasarkan Misi yang tertuang dalam RPJMD. Adapun sasaran Renstra tahun 2008-2013 adalah sebagai berikut :

1.      Meningkatkan peran serta masyarakat secara keseluruhan untuk bersama  sama menjaga perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar tercapai Kota yang Bersih Indah Teduh dan Nyaman.

Merupakan target utama yang harus diwujudkan dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Sumber daya aparatur Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara harus memiliki kualitas maupun kuantitas yang dapat menentukan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup kebersihan pemakaman dan kebakaran. Untuk menghasilkan suatu perencana yang berkualitas maka dibutuhkan aparatur yang memiliki keahlian tinggi, berwawasan luas, inovatif, kreatif, realistis, memiliki integritas tinggi, aspiratif, kompetitif, dan dapat mengesampingkan kepentingan pribadi dan golongan diatas kepentingan umum demi tercapainya suatu rencana.

2.      Meningkatkan kualitas koordinasi pengelolaan lingkungan hidup kebersihan pemakaman dan kebakaran.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara adalah lembaga teknis daerah yang memiliki peranan didaerah untuk mengkoordinir, menyusun, melaksanakan, dan mengawasi Pengelolaan lingkungan hidup pembangunan di daerah. Untuk itu dibutuhkan mekanisme kerjasama kelembagaan baik secara vertikal maupun secara horizontal yang kondusif baik secara internal kewilayahan maupun eksternal melalui mekanisme koordinasi yang baik.

Pengelolaan lingkungan hidup yang berkualitas adalah yang memiliki prinsip-prinsip aspiratif, akomodatif, realistis, inovatif, tepat guna, dan tetap sasaran, berdaya manfaat, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan.

3.      Penyediaan data dan informasi Pengelolaan lingkungan hidup pembangunan yang akurat sebagai data dan fakta.

Sebagai investasi dalam dunia maya diera globalisasi menempatkan data dan informasi dan fakta Pengelolaan lingkungan hidup pembangunan sebagai piranti yang perlu dikaji dan analisis untuk mengambil suatu kebijakan keputusan. Karena  

data dan fakta Pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan daerah harus disusun secara lengkap, akurat, dan mudah diakses

C.  Prioritas Pembangunan Badan Lingkungan Hidup kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara

 

Kolaka Utara adalah salah satu kabupaten dalam wilayah provinsi Sulawesi Tenggara yang terletak diujung utara provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan gerbang utara provinsi Sulawesi Tenggara. Melalui kabupaten Kolaka Utara kita dapat mengakses langsung provinsi Sulawesi Selatan baik melalui jalan darat maupun penyeberangan laut. Kedudukannya yang berhubungan langsung dengan provinsi Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai sentra pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia diharapkan dapat memiliki daya sebar yang tinggi untuk menjadikan daerah ini cepat terakses yang pada umumnya menyusuaikan dengan daerah yang telah dahulu berkembang agar dapat sejajar dengan daerah lain.

Daerah ini memiliki kondisi geografis, topografi, geologi, hidrologi, oceanografi, iklim, dan social ekonomi serta budaya masyarakat yang sangat menguntungkan dalam berbagai kegiatan ekonomi, terutama sector pertanian dalam arti luas, pertambangan, perikanan, dan kelautan. Dengan kondisi tersebut diharapkan dapat menjadikan Kolaka Utara sebagai salah satu maju dan mandiri melalui percepatan pembangunan pada semua sector dengan memanfaatkan posisi kewilayahan dan keuntungan lokasi yang dapat menciptakan keterkaiatan pembangunan dengan daerah tertinggal di Sulawesi Tenggara pada khususnya, daerah lainnya di Indonesia dan manca Negara pada umumnya.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran Kabupaten Kolaka Utara sebagai lembaga teknis yang diamanahkan untuk mengelolah lingkungan hidup daerah mulai dari proses penyusunan, pelaksanaan hingga pengawasannya dan perlu evaluasi memperhatikan berbagai permasalahan yang berkembang baik secara local, regional, maupun nasional.

Kabupaten Kolaka Utara sebagai daerah otonom baru hingga kini masih relatif minim dalam hal sarana dan prasarana baik itu bangunan gedung, jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Namum dalam Pengelolaan lingkungan hidup dapat dengan cepat menyusuaikan kondisi baik jangka pendek maupun jangka panjang agar pengelolaan lingkungan hidup dapat dirasakan oleh masyarakat seiring dengan percepatan pembangunan.

Berdasarkan kondisi objektif Kolaka Utara sebagai daerah agraris yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani utamanya petani kakao ,cengkeh dan kelapa membuat masyarakat Kolaka Utara sangat menggantungkan nasib pada ketiga komoditi tersebut. Namun, produktifitas tanaman kakao dan cengkeh terus mengalami penurunan yang berdampak pada menurunnya taraf hidup masyarakat Kolaka Utara. Hal ini disebabkan karena mewabahnya hama PBK, serta usia ekonomi produktif  dimana kemampuan produk kakao optimal pada usia 4-15 tahun sedangkan kini diperkirakan 45% perkebunan kakao di Kolaka Utara diatas 25 tahun. Adapun potensi lain yang menjadikan Kolaka Utara memiliki nilai ekonomi yang mulai digarap adalah pertambangan nikel, keramik dll, olehnya itu peranan Badan Lingkungan Hidup Kebersihan, Pemakaman dan Kebakaran perlu lebih serius memperhatikan factor-faktor tersebut tentang kerusakan lingkungan sehingga pengelolaan lingkungan hidup perlu ditingkatkan secara intensif.  

Lingkungan hidup dilain pihak untuk menagani perlindungan pengelolaan lingkungan hidup, kondisi SDM yang ada dalam melaksanakan kegiatan tersebut sangat terbatas baik secara kuantitas maupun secara kualitas hal ini sangat jelas dengan tidak tersedianya tenaga yang ada, namun demikian tingkat partisipasi masyarakat dalam bergotong royong sangat tinggi hal tersebut tercermin pada saat Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam Nasional mendapat pujian Gubernur Sulawesi Tenggara dan juga pada acara MTQ mendapat sambutan hangat seluruh peserta dan tamu dari 12 Kabupaten Kota dimana lokasi tersebut dilaksanakan di ibukota Kabupaten ( Lasusua) sejalan dengan itu maka berbagai pertimbangan dan kajian serta analisis dari berbagai pihak maka Kabupaten Kolaka Utara mendapat surat dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi tetang berpeluang mendapatkan Piala Adipura, dengan besarnya peluang tersebut PEMDA Kabupaten Kolaka Utara dalam hal ini Bupati Kabupaten Kolaka Utara beserta seluruh jajaran dan masyarakat bersiap menyambut Tropy Adipura di Ibukota Kabupaten Lasusua dengan Visi ‘’terwujudnya Kota Dalam Taman yang Bersih, Indah, teduh dan Nyaman’’ dan Misi ‘’Meningkatkan peran serta masyarakat secara keseluruhan untuk bersama – sama menjaga perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar tercapai Kota yang Bersih Indah Teduh dan Nyaman’’.

photo

VOTING MASYARAKAT

Bagaimana Tanggapan Anda Mengenai Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kab. Kolaka Utara?

photo photo

HARGA EMAS ANTAM

GRAFIK PERTUMBUHAN EKONOMI

DOWNLOAD

Fahmis Pustaka, 2008

Buku Jejak Pemekaran Kabupaten Kolaka Utara

photo

Tim Penulis : Moh.Yahya Mustafa, Masmur Lakahena, Zainuddin Tika, La Alu.
Kata Pengantar : Rusda Mahmud

Download Buku.

DARI MEJA BUPATI

Lasusua, 15 August 2016

PIDATO BUPATI KOLAKA UTARA DALAM RANGKA PENYERAHAN RANCANGAN NOTA KESEPAKATAN MENGENAI RANCANGAN KEBIJAKAN UMUM APBD PERUBAHAN DAN PRIORITAS PLAFON ANGGARAN SEMENTARA APBD PERUBAHAN KABUPATEN KOLAKA UTARA

PIDATO . . .

Selengkapnya.. Indeks Pidato

Top